BNN Buka Suara soal Peluang dan Dampak Legalisasi Ganja di Indonesia

0
105
Ratusan orang mengantre membeli ganja legal di Calgary, Alberta, Rabu (17/10). Sesaat setelah PM Kanada, Trudeau umumkan legalisasi penjualan ganja, toko-toko penjual cannabis diserbu pembeli. (Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP)

Opini legalisasi ganja terus berkembang. Mulai dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi utamanya terus disuarakan beberapa komunitas. Salah satunya generasi muda.

Berangkat dari ramainya pembahasan soal legalisasi ganja, BNN pun berinisiatif memberikan pencerahan sekaligus menyerap aspirasi generasi muda dan menggelar acara talkshow yang disajikan dalam Webinar dengan tema ‘Generasi Muda Melawan Legalisasi Ganja’, Kamis (4/6/20) di ruang Social Media Center BNN. Peserta kebanyakan mahasiswa.

Hadir sebagai pembicara Deputi Pencegahan BNN, Irjen Drs. Anjan Pramuka Putra, SH, MHum, Direktur Informasi dan Edukasi BNN Brigjen Drs. Purwo Cahyoko, M.Si. dan praktisi ahli farmasi, Brigjen Pol (Purn) Drs. Mufti Jusnir yang juga sebagai anggota Pok Ahli BNN.

Dalam keterangan di sela acara, Irjen Anjan menyampaikan bahwa alasan utama penolakan legalisasi ganja ini adalah penyelamatan generasi muda kita.

Anjan juga menjelaskan, bahwa dari beberapa negara yang telah menjalankan legalisasi, beberapa mulai mempertanyakan efektifitas strategi ini. Alasan ekonomi tidak sepenuhnya benar.

“Yang tadinya mengharapkan adanya pemasukan dari sektor pajak, ternyata tidak segampang dalam teori. Hal ini karena sindikat narkoba juga masih tetap bermain bahkan di era legalisasi,” ujar Anjan.

Di sisi lain, dampak ekonomi terkait peningkatan biaya medis akibat penggunaan ganja yang berdampak kecelakaan maupun perawatan medis dan rehabilitasi.

Hal senada juga disampaikan oleh farmakolog, Mufti Jusnir. Euphoria maupun paranoid yang merupakan dampak dari thc (senyawa aktif yang terkandung dalam ganja), dapat mengkibatkan berbagai gangguan.

“Mulai dari persepsi, motorik, memori maupun hal lainnya dan pada titik tertentu dapat berakibat kecelakaan maupun dampak buruk lain,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here